Selasa, 10 Desember 2013

Isi Sumpah Dokter Indonesia

Posted by M rifqi Hidayatullah | 02.50 Categories: ,

http://www.uii.ac.id/images/stories/berita/2012/2012.09.14.%20pelantikan%20dan%20sumpah%20dokter%20(18).jpg

Isi Sumpah Dokter Indonesia. Mau jadi dokter kok pakai Sumpah Dokter segala? Bagi teman-teman yang ingin menjadi dokter, Mungkin postingan  ini bisa memberikan sedikit manfaat. Saya bukan seorang dokter tapi ingin mendokumentasikan Isi Sumpah Dokter ini sebagai postingan blog.
Sumpah Dokter :
“Saya bersumpah bahwa saya akan membaktikan hidup saya guna kepentingan perikemanusiaan.
Saya akan menjalankan tugas saya dengan cara yang terhormat dan bersusila sesuai dengan martabat pekerjaan saya.
Saya akan memelihara sekuat tenaga martabat, tradisi luhur jabatan kedokteran.
Saya akan merahasiakan segala sesuatu yang saya ketahui karena pekerjaan saya dan karena keilmuan saya sebagai dokter.
Kesehatan penderita senantiasa akan saya utamakan dalam menunaikan kewajiban terhadap penderita.
Saya akan berikhtiar dengan sungguh-sungguh, supaya saya tidak terpengaruh oleh pertimbangan keagamaan, kebangsaan, kesukuan, politik kepartaian atau kedudukan sosial.
Saya akan memberikan kepada guru-guru saya penghormatan dan pernyataan terima kasih yang selayaknya.
Teman sejawat akan saya perlakukan sebagai saudara kandung.
Saya akan menghormati setiap insani mulai dari saat pembuahan.
Sekalipun diancam saya tidak akan mempergunakan pengetahuan kedokteran saya untuk sesuatu yang bertentangan dengan hukum perikemanusiaan.
Saya ikrarkan sumpah ini dengan sungguh-sungguh dan dengan mempertaruhkan kehormatan diri saya”
Itulah Isi Sumpah Dokter Indonesia. Namun ada temuan yang cukup mencengangkan menurut saya. Katanya sumpah dokter yang asli milik Hipocrates, Bapak Dokter Dunia ada tambahan kata-kata “Jika perlu saya akan membagikan hartaku untuk kepentingan orang lain..”.
Kalau ditambah kalimat itu nanti dokternya tidak dapat income dong :D.
Sumber : detikhealth.com/read/2010/02/24/141039/1305915/763/sumpah-dokter-yang-banyak-terlupakan?browse=frommobile

0 komentar:

Posting Komentar